Pj.Bupati Langkat diwakili Sekdakab Amril hadiri BBH ke - 77: Songsong Semangat Nusantara Baru, Menuju Indonesia Maju


Pangkalan Berandan, Langkat - 

Puncak peringatan Berandan Bumi Hangus 2024 berlangsung dengan penuh khidmat di Stadion Petrolia, Pangkalan Berandan, Selasa (13/08/2024). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat, H. Amril, S.Sos., M.AP. 

Kegiatan ini diawali dengan penampilan dari puluhan peserta pawai dalam memperingati Brandan Bumi Hangus 2024. Kapolres Langkat AKBP David Triyo Prasojo, S.H., S.I.K., M.Si didampingi oleh Sekdakab Langkat Amril, S.Sos., M.AP, dan Kajari Langkat Yuliarni Appy, S.H., M.H menerima Pawai di Depan Rumah Dinas Camat Babalan dan lanjut ke acara puncak peringatan Berandan Bumi Hangus di Stadion Petrolia Area Pangkalan Brandan.

Dalam laporannya, Kabag Kesra Kabupaten Langkat, Muhammad Suhaimi, S.STP., S.P menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Langkat Nomor 8 Tahun 1995 tentang Peristiwa Bumi Hangus Pangkalan Berandan. 

“Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan dan melestarikan jiwa, semangat, dan nilai juang 1945, serta sebagai pembuktian sejarah dengan semangat anti penjajah,” ujar Suhaimi.

Pada peringatan tahun ini, ada perubahan signifikan dalam pelaksanaan acara atas kebijakan Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 11 hingga 13 Agustus 2024, dengan lebih meriah.

Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekdakab Amril, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Pangkalan Berandan 77 tahun lalu. "Hari ini, kita mengenang kejadian dahsyat yang tercatat dalam sejarah, sebuah perjuangan penuh darah demi satu tekad: merdeka atau dijajah," katanya.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak, khususnya generasi muda yang telah ikut serta memeriahkan rangkaian kegiatan ini. Selain itu, ia memberikan penghargaan tinggi kepada tokoh-tokoh masyarakat yang telah mempelopori terbentuknya Perda yang memperingati peristiwa Berandan Bumi Hangus.

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh masyarakat Pangkalan Berandan, seperti Alm. H. Hasan Perak, Alm. H. Syamsul Arifin, S.E, dan tokoh lainnya yang telah berjasa dalam sejarah ini,” lanjutnya.

Acara ditutup dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan kegiatan ini, yang mengingatkan kita semua akan peristiwa penting yang pernah terjadi di Pangkalan Berandan. (JONSIR)



Posting Komentar

0 Komentar